Senin, 04 Oktober 2010

Tugas 2

1. 3 unsur yang menyebabkan munculnya aktifitas ekonomi :
  • Keinginan manusia
Keinginan yang memenuhi kebutuhan sekunder dan kebutuhan utama, misalnya :
  • Makanan
  • Pakaian
  • Perumahan
  • Faktor-faktor produksi 
Sebagai sumber-sumber yang menghasilkan barang dan jasa untuk memuaskan keinginan berupa benda-benda yang disediakan oleh alam atau yang di ciptakan manusia guna menghasilkan barang maupun jasa.
Faktor-faktor produksi di bedakan menjadi 4, yaitu :
  • Tanah dan sumber daya alam
  • Tenaga kerja
  • Modal
  • Kewiraswasataan
  • Cara berproduksi
Cara pembuatan suatu barang yang pada umumnya berada di luar bidang ekonomi, misalnya :
  • Barang/jasa apa saja yang harus diproduksi
  • Berapa banyak barang dan jasa yang harus diproduksi
  • Cara-cara apa saja yang harus digunakan

2. Apa yang membedakan perusahaan dan lembaga sosial
Terletak pada penekanan/prioritas perusahaan terhadap laba, kelangsungan hidup, dan tanggung jawab sosial karena, perusahaan yang berorientasi pada perolehan keuntungan, umumnya akan memfokuskan kegiatannya untuk meningkatkan nilai perusahaan hingga mencapai maksimum.Sebaliknya lembaga sosial lebih menitikberatkan prioritasnya pada tanggung jawab sosial.
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi letak dan tempat perusahaan
Tempat perusahaan pada umumnya dipengaruhi oleh faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, misalnya :
  • Lembaga pemerintahan
  • Lembaga keuangan
  • Pelanggan
Letak perusahaan pada umumnya dipengaruhi faktor ekonomi dan merupakan salah satu faktor penting yang menunjang efesiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya, misalnya :
  • Harga bahan mentah
  • Tingkat upah buruh
  • Tanah
  • Pajak 
  • Tingkat bunga
  • Biaya alat produksi tahan lama
  • Biaya atas jasa pihak ketiga

4. Pebedaan antara lingkungan eksternal mikro dan makro dalam dunia usaha
Lingkungan eksternal mikro
Lingkungan eksternal yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan usaha, contoh :
  • Pemasok/supplier yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
  •  Perantara, misal: distributor dan pengecer yang berperan dalam pendistribusian
  • Teknologi yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan, metode, dan sebagainya. 
  • Pasar sebagai sasaran pendistribusian.
Lingkungan eksternal makro
Lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha, contoh :
  • Keadaan alam kaitannya dengan sumber daya alam, lingkungan, dan sebagaimya
  • Perekonomian kaitannya dengan tingkat pendapatan masayarakat, tingkat investasi.
  • Sosial budaya kaitannya dengan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat.
  • Kependudukan kaitannya dengan jumlah penduduk, panyebaran penduduk, jenis kelamin, distribusi umur, maupun perkembangannya.
Sumber : M.fuad,Christine.H,Nurlela,Sugiarto,Paulus,Y.E.F,Pengantar Bisnis,PT.Gramedia Pustaka  Utama,Jakata 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;