Selasa, 16 November 2010

Tugas 6


1.Jelaskan dengan singkat ada berapa macam sifat produksi yang saudara ketahui….?
  • Tipe proses produksi terus-menerus (continuous process) 
Proses untuk mengubah bentuk barang-barang. Dalam proses produksi ini walaupun terjadi perubahan model,susunan dan fungsi alat-alat mesin yang dipakai tidaklah berubah 

  • Tipe proses produksi terputus-putus (intermittent)
Proses produksi tidak terus menerus atau operasi sering kali terhenti guna mengubah alat-alat, pengaturan kembali alat-alat dan penyesuaian yang terus menerus diadakan sesuai dengan tuntutan produk yang akan dihasilkan 
  • Berdasarkan manfaat yang diciptakan
  • Teknik (sifat) proses produksi  
2.jelaskan secara singkat pengertian produksi secara umum dan secara ekonomi….?
Produksi secara umum adalah sebagai suatu kegiatan atau proses yang mentransformasikan masukan (input) manjadi keluaran (output). Dalam pengartian umum inilah sekarang berkembang istilah industri, seperti industri manufaktur, industri pengolahan hasil pertanian dan pertambangan, industry pariwisata, dan industry angkutan.

Produksi secara okonomi adalah mengacu pada kegiatan yang berhubungan dengan usaha penciptaan dan penambahan kegunaan atau utilitas suatu barang dan jasa. Penambahan atau pencptaan kegunaan atau utilitas karena bentuk dan tempat ini membutuhkan factor-faktor produksi. 

3.dalam bidang produksi mempunyai 5 tanggung jawab keputusan utama.Sebutkan dan jelaskan….?
Proses
Keputusan yang menentukan proses fisik atau fasilitas yang digunakan untuk memproduksi barans atau jasa. Keputusan mencakup jenis peraltan dan teknologi, arus proses, peralatan, dan seluruh aspek fisik pabrik atau fasilitas jasa pelayanan.
Kapasitas
Keputusan yang dimaksudkan untuk menentukan besarnya kapasitas dan penydiaan pada waktu yang tepat. Kapasitas jangka panjang ditetukan oleh besarnya fasilitas fisik yang dibangun. Kapasitas jangka pende kadang-kadang diperbesar dengan mengadakan sub-kontrak kepada pihak luar atau penambahan regu ekstra atau menyewa ruangan atau peralata tambahan.
Persediaan
Keputusan yang dibuat oleh manager persediaan dalam bidang produksi, menyangkut apa yang dipesan, berapa banyak pemesan, serta kapan pemesanan dilakukan.
Tenaga kerja
Keputusan yang mencakup seleksi, penggajian, penempatan, penyeliaan, atau supervise tenaga kerja. Proses produksi ini tidak mungkin berlangsung tanpa ada tenaga kerja yang menggarap kegiatan untuk menghsilkan  produk, baik berupa barang atau jasa.
Mutu atau kualitas
Keputusan yang ditandai dengan penekanan tanggung jawab yang lebih besar terhadap mutu atau kualitas barang atau jasa yang dihasilkan. Mutu merupakan tanggung jawab produksi yang penting dan harus didukung oleh organisasi secara keseluruhan.



Sumber :
  •  M.fuad,Christine.H,Nurlela,Sugiarto,Paulus,Y.E.F,Pengantar Bisnis,PT.Gramedia Pustaka  Utama,Jakata 2010 
  • http://agusnuramin.wordpress.com/2010/11/13/pengantar-bisnis-part-6-produksi/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
;